Perbandingan Antara COBIT 4.1, ITIL v3, ISO-27001
Hai Sahabat.. pernahkah kalian mendengar istilah COBIT 4.1, ITIL v3, ISO-27001 ?
Tiga istilah ini adalah 3 contoh utama dari framework yang menerapkan konsep ITSM.
Nahloh... apalagi tuh “ ITSM “ ???
ITSM (Information Technology Service Management) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Yaitu pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Berikut ini adalah Definisi dari COBIT 4.1, ITIL v3, ISO-27001 :
- COBIT 4.1
COBIT adalah singkatan dari Control Objective Over Information and Related Technology. Cobit yang dikeluarkan oleh ISACA (Information System Control Standard) yang merupakan organisasi non-profit untuk IT Governance. Fungsi utama Cobit adalah membantu perusahaan dalam memetakan proses TI mereka ke standar praktik terbaik dari ISACA. Cobit biasanya dipilih oleh perusahaan yang melakukan audit sistem informasi, baik yang berkaitan dengan audit keuangan atau audit TI secara umum.
COBIT merilis versi keempat dari kerangka kontrolnya pada
bulan Desember 2005. Versi 4.1 dari COBIT dirilis sebagai pembaruan pada tahun
2007. Kerangka kerja ini mendekati kontrol TI dengan melihat semua informasi
yang dibutuhkan untuk mendukung persyaratan bisnis dan sumber daya dan proses
TI yang terkait. COBIT ditujukan untuk management, users, and auditors (kebanyakan auditor IT).
Domains and
Control Objectives :
·
PO - Plan and Organize – (PO1 - PO10)
Domain ini mencakup strategi dan
taktik, dan menyangkut identifikasi cara TI dapat berkontribusi terbaik untuk
pencapaian tujuan bisnis. Realisasi visi strategis perlu direncanakan,
dikomunikasikan dan dikelola untuk perspektif yang berbeda. Sistem organisasi
yang tepat serta infrastruktur teknologi harus diberlakukan.
·
AI – Acquire and Implement – (AI1 - AI7)
Untuk mewujudkan
strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dikembangkan atau diperoleh, serta
diimplementasikan dan diintegrasikan ke dalam proses bisnis. Selain itu,
perubahan dan pemeliharaan sistem yang ada dicakup oleh domain ini untuk
memastikan solusi terus memenuhi tujuan bisnis.
·
DS – Delivery and
Support – (DS1 - DS13)
Domain ini
berkaitan dengan pengiriman yang sebenarnya dari layanan yang dibutuhkan, yang
meliputi pengiriman layanan, manajemen keamanan dan kontinuitas, dukungan
layanan untuk pengguna, dan pengelolaan data dan fasilitas operasional.
·
ME – Monitor and Evaluate
– (ME1 - ME4)
Semua proses TI harus secara teratur dinilai
dari waktu ke waktu untuk kualitas dan kepatuhan mereka dengan persyaratan
kontrol. Domain ini membahas manajemen kinerja, pemantauan pengendalian
internal, kepatuhan terhadap peraturan dan tata kelola.
- ITIL v3
ITIL (Information Technology Infrastructure Library). ITIL yang dikeluarkan oleh OGC (Office of Government Commerce), adalah seperangkat framework untuk mengelola IT Service Level. Meskipun dalam banyak hal ITIL sangat mirip dengan COBIT, namun perbedaan mendasarnya adalah Cobit menetapkan standar dengan melihat berdasarkan proses dan risiko, dan di sisi lain, ITIL menetapkan standar dari layanan TI dasar.
ITIL v3 adalah versi ketiga dari ITIL, yang
dirilis pada 2007. Seperti versi sebelumnya, versi ITIL 3 terdiri dari praktik
terbaik untuk mengelola teknologi informasi (TI).
Komponen :
·
Service Strategy
Strategi Layanan
berhubungan dengan analisis strategis, perencanaan, penentuan posisi, dan
implementasi yang berkaitan dengan model layanan, strategi, dan tujuan TI. Ini
memberikan panduan tentang memanfaatkan kemampuan manajemen layanan untuk
secara efektif memberikan nilai kepada pelanggan dan menggambarkan nilai bagi
penyedia layanan.
·
Service Design
Desain Layanan
menerjemahkan rencana dan tujuan strategis dan menciptakan desain dan
spesifikasi untuk pelaksanaan melalui transisi layanan dan operasi.
·
Service Transition
Transisi Layanan memberikan panduan
tentang rancangan dan implementasi layanan, memastikan bahwa layanan tersebut
memberikan strategi yang dimaksudkan dan dapat dioperasikan serta dipelihara
secara efektif.
·
Service Operation
Operasi Layanan memberikan panduan
dalam mengelola layanan melalui kehidupan produksi sehari-hari. Ini juga
memberikan panduan untuk mendukung operasi dengan menggunakan model dan
arsitektur baru seperti layanan bersama, komputasi utilitas, layanan web, dan
perdagangan seluler.
·
Continual Service Improvement
Perbaikan Layanan
Berkelanjutan memberikan panduan untuk mengukur kinerja layanan melalui siklus
hidup layanan, yang menunjukkan peningkatan dalam kualitas layanan, efisiensi
operasional, dan kelangsungan bisnis.
- ISO-27001
ISO-27001 jauh berbeda antara COBIT 4.1 dan ITIL v3, karena ISO-27001 adalah sebuah ‘security standard’, sehingga memiliki domain yang lebih kecil namun lebih mendalam dibandingkan dengan COBIT 4.1 dan ITIL v3.
- Perbandingan
Persamaan / Interaksi COBIT dengan ITIL |
Perbandingan Cakupan COBIT, ITIL, dan ISO-27001 |
· ITIL dirancang sebagai kerangka kerja manajemen layanan untuk membantu Anda memahami “ Bagaimana Anda mendukung kegiatan proses “, & “ Bagaimana Anda memberikan layanan “
· COBIT dirancang sebagai model IT governance, terutama dalam hal ‘audit’.
· Perbedaan antara keduanya adalah, COBIT memberitahukan tentang “Apa yang seharusnya Anda lakukan”, sedangkan ITIL memberitahukan “ Bagaimana cara Anda harus melakukannya”.
· Pada dasarnya ISO memberikan keamanan, namun tidak secara langsung terintegrasi dalam proses bisnis.
- Lalu, Apa yang harus diimplementasi pertama kali ?
Tidak ada jawaban pasti tentang pertanyaan ini, karena ini sangat tergantung pada perusahaan Anda dan kebutuhan Anda. Sebagian besar perusahaan mulai menerapkan CobiT terlebih dahulu karena ia mencakup Sistem Informasi secara umum. Dan setelah itu mereka biasanya memilih menerapkan antara ITIL atau ISO-27001.
Pertimbangan lain adalah soal budget dan kebijakan manajemen. Karena implementasi CobiT biasanya berjalan dari anggaran audit internal perusahaan dan ITIL atau ISO-27001 biasanya dilakukan dengan menggunakan anggaran departemen TI perusahaan tersebut.
- Manakah yang lebih mudah implementasinya ?
Dari segi implementasinya, ITIL merupakan ITSM termudah untuk diimplementasikan. Sebab, ITIL bisa diimplementasikan sebagian dan tidak akan mengganggu kinerja secara keseluruhan. Contoh, jika departemen TI kekurangan anggaran dan dia bisa memilih untuk menerapkan lapisan IT Service Delivery saja, dan tahun depan dia akan mencoba menerapkan IT Release Management atau IT Problem Management
Namun COBIT dan ISO-27001 cukup sulit untuk diimplementasikan secara parsial, karena harus melihat lingkup proses dalam pandangan lebih besar terlebih dahulu sebelum bisa diimplementasikan secara keseluruhan.
- Kesimpulan Perbandingan
Jadi, kombinasi ketiganya biasanya merupakan pendekatan terbaik. COBIT dapat digunakan untuk menentukan apakah kebutuhan perusahaan didukung oleh IT.
ISO dapat digunakan untuk menentukan dan memperbaiki postur keamanan perusahaan. Dan ITIL dapat digunakan untuk memperbaiki proses TI untuk memenuhi tujuan perusahaan (termasuk keamanan).
- Contoh Kasus Penerapan ITIL v3
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan
Sipil (DISDUKCAPIL) Salatiga mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan
Pemerintahan Daerah di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan
asas otonomi dan tugas pembantuan. DISDUKCAPIL salatiga memberikan layanan administrasi
kependudukan kepada masyarakat berupa penggunaan Aplikasi E-KTP. Aplikasi E-KTP
ini, mempunyai kinerja untuk terkoneksi dengan database terutama database
Kemandagri (Pusat) dikarenakan sistem datanya yang terkoneksi di seluruh
indonesia sehingga semua data penduduk dapat dibuat, dan dicari mudah dalam
database tersebut. Penggunaan aplikasi E-KTP untuk melakukan proses perekaman
dan pencetakan E-KTP penduduk. Penggunaan apliasi E-KTP ini sudah berjalan
setahun terhitung dari tahun 2015.
Berdasarkan wawancara yang telah
dilakukan kepada petugas DISDUKCAPIL yaitu PDIK atau Pengolahan Data Informasi
dan Kependudukan yang terdiri dari Kepala Seksi, Operator dan staff - staff
bidang PDIK bahwa terdapat beberapa masalah yang ditemukan :
- · Problem management yaitu proses tunggu yang lama atau sistem error saat merequest data pada database pusat. Hal ini terjadi akibat, banyaknya request data pada database pusat dan pada database pusat diberlakukan sistem antri artinya, database akan menanggapi data yang direquest berdasarkan request yang masuk terlebih dahulu. Maka yang merequest data terakhir berdasarkan sistem antri yang terjadi maka harus menunggu untuk dapat tanggapan dari databse pusat. Oleh sebab itu, kinerja operator pada aplikasi E-KTP ini akan terhenti sejenak dikarenakan proses tunggu merequest data yang lama pada database pusat.
- · Request Fulfilment yaitu Belum adanya modul baru untuk perbaikan apabila terdapat masalah atau gangguan dalam penggunaan layanan TI ini terhadap aplikasi E-KTP.
- Kesimpulan
Berdasarkan contoh kasus diatas,
maka dapat diambil kesimpulan bahwa masih ditemukan masalah penggunaan Aplikasi
E-KTP. Sehingga perlu Dipergunakan long runtime script untuk mengatasi sistem
error saat request data pada database pusat artinya dari pusat diberikan hak
untuk setiap daerah mengenai waktu ketika melakukan merequest data, dibagi
daerah tertentu dapat direquest pada waktu kapan, begitupun bagi daerah lain
kapan harus melakukan request data, sehingga tidak semua harus merequest data
bersamaan sebab inilah menyebabkan sistem terhenti (proses tunggu yang terjadi
dalam aplikasi). Membuat modul dalam penggunaan aplikasi E-KTP ini, seperti
adanya forum (setiap daerah dapat berkomunikasi jika terjadi gangguan), panduan
dalam meningkatkan kegunaan aplikasi.
Refrensi :
- http://www.itsm.info/ITSM.htm
- http://www.isaca.org/KNOWLEDGE-CENTER/COBIT/Pages/COBIT-Discussions-landing-page.aspx
- http://www.itsmsolutions.com/newsletters/DITYvol4iss01.htm
- http://fatihbozik.github.io/blog/itil/interactions-in-between-itil-cobit-and-iso27001/
- Comparison between COBIT, ITIL and ISO 27001. (2016, 03 04). beefchunk:http://beefchunk.com/documentation/security-management/comparison_between_COBIT_ITIL_and_ISO_27001.pdf