Blind & Heuristic Search

18.07 0 Comments A+ a-

Blind Search

Blind Search (pencarian buta) atau biasa disebut pula dengan uninformed search yaitu pencarian dengan variabel datanya tidak mempunyai atribut / informasi tambahan.
Jadi jika solusi sudah ketemu, maka pencarian akan dihentikan. Jika dibuat skemanya, pencarian buta hanya mengenal tiga bagian, [masalah]-[pencarian]-[solusi]. Misalkan dalam kotak ada 3 kelereng warna merah, 3 biru, dan 3 kuning. Masalahnya adalah, ambillah satu kelereng yang berwarna merah. Solusi, setelah melakukan pencarian, kemudian didapat satu kelereng warna merah, nah, itulah solusinya.

·         Breadth-First Search (BFS)
o   Pencarian semua node pada setiap level secara berurutan dari kiri ke kanan atau atas ke bawah.
o   Jika pada satu level belum ditemukan solusi, maka pencarian dilanjutkan pada level berikutnya sampai ditemukan solusi.
o   Pencarian dengan sistem FIFO (First In First Out)
o   Solusi yang ditemukan adalah yang paling baik (Optimal).
o   Tetapi BFS harus menyimpan semua node yang pernah dibangkitkan. Hal ini harus dilakukan untuk penelusuran balik jika solusi sudah ditemukan.
o   Pembangkitan suksesor dari suatu node bergantung pada urutan dari Aturan Produksi yang dibuat

·         Depth-First Search (DFS)
o   Pencarian satu node dalam setiap level dari yang paling kiri.
o   Jika pada level yang paling dalam, solusi belum ditemukan, maka pencarian dilanjutkan pada node sebelah kanan.
o   Node yang kiri dapat dihapus dari memori.
o   Jika pada level yang paling dalam tidak ditemukan solusi, maka pencarian dilanjutkan pada level sebelumnya.

o   Demikian seterusnya sampai ditemukan solusi. Jika solusi ditemukan maka tidak diperlukan proses backtracking (penelusuran balik untuk mendapatkan jalur yang dinginkan).



Heuristic Search

adalah pencarian bersyarat (terbimbing). yaitu pencarian dengan variabel datanya mempunyai atribut / informasi tambahan. Artinya, solusi yang diperoleh adalah solusi yang terbaik, bukan solusi sekali ketemu. Bagian-bagiannya adalah [masalah]-[pencarian]-[syarat]-[solusi]. Misal contoh masalah pada kasus di atas, Ambillah kelereng merah yang tidak pecah dan tidak lonjong. Sehingga ketika ketemu kelereng merah dan ada pecahnya, itu masih bukan solusi karena tidak sesuai dengan syarat (tidak pecah dan tidak lonjong).


 Generate & Test
Adalah metode yang paling sederhana dalam teknik pencarian heuristik. Jika  pembangkitan sebuah solusi yang mungkin (a possible solution) dikerjakan secara sistematis, maka prosedur ini menjamin akan menemukan solusinya. Tetapi jika ruang masalahnya sangat luas, mungkin memerlukan waktu yang sangat lama.

- Contoh :
 Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui ruter terpendek dimana setaip kota hanya boleh dikkunjungi tepat 1 kali. Misalkan ada 4 kota dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut ini
Alur pencarian dengan Generate and Test 

Pencarian ke-
Lintasan
Panjang Lintasan
Lintasan terpilih
Panjang Lintasan terpilih
1
ABCD
19
ABCD
19
2
ABDC
18
ABDC
18
3
ACBD
12
ACBD
12
4
ACDB
13
ACBD
12
5
ADBC
16
ACBD
12
Dst…..



 Hill Climbing 
Pembangkitan keadaan berikutnya sangat tergantung pada feedback dari prosedur pengetesan. Tes yang berupa fungsi heuristik ini akan menunjukkan seberapa baiknya nilai terkaan yang diambil terhadap keadaan-keadaan lainnya yang mungkin (SriKusumadewi 2003, h. 34).Ada dua macam metode Hill Climbing Search, yaitu Simple Hill Climbing dan Steepest-ascent Hill Climbing (SriKusumadewi 2003, h. 39).




Refrensi :
Hari. 2013. “Bahasan Fundamental tentang Blind Search dan Heuristic Search”. Diakses pada 9 Desember 2017. http://www.elangsakti.com/2013/03/bahasan-fundamental-tentang-blind.html
Zidny. 2016. “Teknik Pencarian 1 Blind Search”. Diakses pada 9 Desember 2017. zidny.dosen.st3telkom.ac.id/wp-content/uploads/sites/29/2016/10/MKB3462-Kecerdasan Buatan_3_Blind-Search.pptx.
Firdaus. 2014. “PENERAPAN METODE HILL CLIMBING SEARCH”. Diakses pada 9 Desember 2017. eprints.mdp.ac.id/1051/1/74m.rezkiJurnal%20Toko%20Virtual.pdf