Seputar "Oracle Certification Program"

06.48 0 Comments A+ a-



Fungsi sertifikasi di bidang IT begitu penting sebagai pembuktian secara legal bahwa seseorang benar benar ahli dalam bidang IT. Pembuktian tersebut sebagai referensi ketika masuk dalam dunia kerja. Meskipun seseorang tersebut ahli dalam bidang IT namun jika  tidak ada pembuktian yang menjelaskan mengenai keahlian tersebut maka orang tidak akan mudah percaya, terutama pada perusahaan besar.

Sampai saat ini Oracle database merupakan pemain utama di bidang database. Oracle terus berkembang dengan mengakuisisi beberapa produk dan perusahaan. Mungkin Oracle Database bisa dibilang database nomor satu di dunia dengan jumlah pengguna perusahaan lebih dari 305.000. Bahkan...


 " 97% Perusahaan top dunia (global fortune company) menggunakan Oracle database. So, what do you waiting for? Pelajari sekarang juga, dan terbanglah ke seluruh penjuru dunia. "
Berikut ini kami sertakan Makalah berjudul Seputar "Oracle Certification Program". Pada makalah ini berisi seputar sejarah, macam-macam sertifikasi Oracle, serta analisis studi kasus tenang pentingnya sertifikasi pekerja DBA :


Untuk Full Page klik disini




> Jawaban dari soal saat presentasi Tugas 3 :

1. Sebutkan domain tentang keamanan pada framework COBIT 4.1 dan ITIL v3?
Jawab:
framework Cobit 4.1
 -Domain -> Deliver and Support(DS 5)
Beberapa aktivitas dari DS5 (Ensure Systems Security), antara lain:
·         DS5-O1 Merencana keamanan yang dikembangkan dan disetujui.
·         DS5-O2 Mengelola standardisasi identitas dan otorisasi pengguna.
·         DS5-O3 Memantau dan menguji keamanan.
·         DS5-O4 Menggunakan teknik untuk memastikan bahwa jaringan dan informasi aman.

framework ITIL v3
 -Domain -> Service Design (Aktivitas Information Security Management)
 
2. Jelaskan alasan memilih ISO 27001 sebagai pembanding antara framework COBIT4.1 dan ITIL v3?
Jawab:
Karena ISO 27001 merupakan Standar Internasional yang berfokus pada perlindungan keamanan informasi dan data, sehingga ISO 27001 menjadi landasan dalam domain Service Design (aktifitas Information Security Management(ISM)) yang terdapat pada framework ITIL v3.

Maka untuk mencapai keberhasilan atau tujuan, sebuah organisasi perlu menentukan administrasi dan management seperti strategi, rencana atau pun konsep yang efektif dalam melaksanakan setiap kegiatan. Untuk menjaga kerahasiaan, dan integritas suatu informasi perlu adanya keamanan dalam hal pengelolaan informasi. Oleh karena itu, sebuah organisasi perlu menggunakan kombinasi 3 framework(COBIT 4.1, ITIL v3, ISO 27001) untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.





Refrensi :
  • - https://sis.binus.ac.id/2018/12/13/evolusi-database-oracle/ (Waktu akses : 13 Januari 2019 19.00 WIB ) - http://jhonatansilitonga.blogspot.com/2015/06/sertifikasi-keahlian-di-bidang.html/ (Waktu akses : 13 Januari 2019 19.05 WIB ) - http://technopark.surakarta.go.id/id/program-kami/konsultasi/program-sertifikasi/program-sertifikasi-profesional-industri (Waktu akses : 13 Januari 2019 19.20 WIB ) - http://www.academia.edu/10690026/Kasus_Ban_Firestone (Waktu akses : 14 januari 2019 16.45 WIB )