Kebudayaan Bangsa Timur dan Barat

18.06 0 Comments A+ a-


Manusia adalah mahluk sosial yang tak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Interaksi ini melahirkan sistem nilai & gagasan utama dalam bermasyarakat atau yang biasa kita sebut dengan Kebudayaan.

Wilayah yang berbeda, dengan lingkungan yang berbeda juga. Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya. Secara garis besar terdapat dua pembagian kebudayaan yaitu Kebudayaan Barat dan Kebudayaan Timur.


Disini saya akan membahas tentang pengertian Kebudaayaan. Dan perbedaan yang ditimbulkan oleh kebudayaan timur dengan kebudayaan barat.

 Teori

-          Pengertian Kebudayaan

Koentjaraningrat mengatakan, 
Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan & karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi pekertinya” .
Sedangkan Selo Sumarjan merumuskan bahwa kebudayaan adalah
 “Semua hasil karya, rasa & cipta masyarakat”.

Oleh karena itu secara umum kebudayaan dapat diartikan,
Manifestasi pikiran manusia berupa sistem nilai & gagasan utama bertujuan untuk melangsungkan hidupnya dengan lingkungan disekitar. Ditularkan secara sosial , yang kemudian menjadi kekhususan kelompok sosial tertentu


-          Unsur-Unsur Kebudayaan 

C. Kluckhon dalam bukunya berjudul "Universal Categories of Culture", mengemukakan unsur-unsur kebudayaan yaitu :

o   Sistem Religi (Kepercayaan Ketuhanan)
o   Sistem Pengetahuan
o   Peralatan / perlengkapan hidup
o   Bahasa
o   Kesenian
o   Sistem Kemasyarakatan
o   Mata Pencaharian hidup & Sistem ekonomi

Analisis

Perbedaan wilayah dan lingkungan menyebabkan unsur-unsur yang mempengaruhi suatu kebudayaan menjadi berbeda-beda. Akhirnya setiap bangsa memiliki khas kebudayaannya masing-masing.

Secara kontras terdapatlah dua kebudayaan yaitu :
  • Kebudayaan Bangsa Timur lebih mementingkan kehidupan kerohanian, pikiran preoloogis, keramahtamahan & gotong-royong.
  • Kebudayaan Bangsa Barat lebih mementingkan Kebendaan, pikiran logis, hubungan asas guna, individualisme.

Yang Liu, seorang desainer dalaam bukunya "East Meets West" menampilkan infografis tentang perbedaan kebudayaan antara Bangsa Timur dengan Bangsa Barat. Diantaranya yaitu :


1.  Gaya Hidup
Biru berarti Bangsa Barat. Merah berarti BangsaTimur
Salah satu faktor yang mempengaruhi gaya hidup adalah unsur Sistem kemasyarakan suatu bangsa. Bangsa timur memiliki sistem kemasyarkatan yang bersifat gotong-royong atau saling kerjasama dalam berbagai hal. Sementara bangsa barat lebih bersifat individualisme, menumbuh kembangkan kekuatan/kemampuan pribadi.

2.  Waktu Belajar
Biru berarti Bangsa Barat. Merah berarti BangsaTimur
Perbedaan Sistem Pengetahuan dalam suatu bangsa. Mengakibatkan perbedaan dalam kegiatan menuntut ilmu dan waktu belajar yang diperlukan. Secara umum bangsa timur memiliki sistem belajar jenjang sekolah dasar dengan waktu yang lebih lama dibandingkan bangsa barat. 

3. Sikap Terhadap Anak
Biru berarti Bangsa Barat. Merah berarti BangsaTimur

Perbedaan Sistem Kemasyarakatan dan unsur kebudayaan lainnya dalam berinteraksi dengan orang yang lebih muda dapat terlihat dalam lingkup keluarga. Bangsa timur sangat protektif dan memperhatikan tumbuh kembang seorang anak dalam lingkungan keluarganya. Sementara bangsa barat jika seorang anak telah capai pada usia yang cukup, mereka secara umum akan mengajarkan sifat individualisme sehingga sang anak akan berjuang mengokohkan jati dirinya sejak dini.

------------------------------------------------------
Kesimpulan :

 Dengan kebudayaan yang beragam ini adalah sarana untuk kita saling kenal-mengenal dan hidup rukun dalam kedamaiaan. Seperti yang termaktub dalam Al-quran :

   “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13) 

Referensi

  • Al- Quran
  •  Nugroho,  Widoyo. 1996. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Universitas Gunadarma.
  • edition cnn. (2015), “East vs West: Cultural stereotypes explained in 10 simple pictograms” http://edition.cnn.com/2015/10/01/design/east-meets-west-pictographs/ (diakses 7, maret 2016)