Seputar COBIT

07.43 0 Comments A+ a-


Pendahuluan
“Sistem informasi merupakan dasar bagi jalannya bisnis saat ini. Di banyak industri, kelangsungan hidup perusahaan sangatlah sulit tanpa penggunaan luas dari teknologi informasi. Sistem informasi menjadi lebih penting dalam membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global. Organisasi mencoba untuk menjadi lebih kompetitif dan efisien dengan mengubah dirinya menjadi perusahaan digital yang menggunakan teknologi digital dalam proses bisnis inti, hubungan pelanggan, pemasok dan karyawan. Bisnis saat ini menggunakan sistem informasi untuk mencapai tujuan utama organisasi : keunggulan operasional, produk baru, pelayanan dan model bisnis, hubungan pelanggan-pemasok, meningkatkan proses pengambilan keputusan, keunggulan kompetitif dan kelangsungan hidup dari hari ke hari” (Kenneth C. Laudon, 2012).

Information Systems Audit and Control Association (ISACA) mengembangkan kerangka Control Objective for Information and Related Technology (COBIT). COBIT menggabungkan standar-standar pengendalian dari banyak sumber berbeda ke dalam sebuah kerangka tunggal yang memungkinkan : manajemen untuk membuat tolok ukur praktik-praktik adanya keamanan dan pengendalian lingkungan TI, para pengguna layanan TI dijamin dengan adanya keamanan dan pengendalian yang memadai, dan para auditor memperkuat opini pengendalian internal dan mempertimbangkan masalah keamanan TI dan pengendalian yang dilakukan. Kerangka COBIT  menjelaskan praktik-praktik terbaik untuk tata kelola dan manajemen TI yang efektif.


Pengertian, Sejarah, dan Analisis Contoh Penerapan Kasus

Dapat dilihat di file word berikut ini :


COBIT Overview

Kerangka kerja ini dengan jelas menjelaskan:
Lebih dari 34 proses TI dalam 4 kelompok besar. 34 proses ini bergantung pada dan berdampak pada sumber daya TI. Tujuan kontrol teratas untuk masing-masing dari 34 proses. Tentang 318 dalam tujuan kontrol mendalam, dan pedoman audit terkait. 


Penggunaan & Manfaat

COBIT adalah kerangka kerja yang dibuat untuk digunakan oleh tiga jenis orang yang berbeda: Manajemen, Auditor, Pengguna.

·         Manajemen: Kerangka kerja ini membantu manajemen perusahaan untuk menyeimbangkan situasi risiko versus imbalan dan mengendalikan investasi dalam dunia TI yang selalu berubah.
·         Auditor: Untuk menyediakan kerangka kerja untuk membantu auditor untuk sampai pada pendapat yang dapat diterima pada tingkat jaminan pada subjek yang diaudit dan untuk menawarkan saran kepada manajemen pada kontrol internal.
·         Pengguna: Untuk mendapatkan jaminan atas keamanan dan kontrol layanan TI yang disediakan oleh pihak internal atau eksternal.
Lebih jauh lagi, pemilik proses bisnis menggunakan COBIT dalam memberikan layanan yang efektif dalam hal pengendalian aspek informasi dari proses mereka dan oleh mereka yang bertanggung jawab atas TI di perusahaan.
COBIT menawarkan model yang diterima di seluruh dunia untuk membantu memaksimalkan nilai dan kepercayaan terhadap TI, dan panduan yang diperluas ini akan memberikan keamanan, risiko, penghargaan, bisnis, dan konsultan profesional TI dengan kerangka kerja yang lebih luas untuk membantu dalam memberikan dan mempertahankan tujuan dan strategi perusahaan. Beberapa dari banyak manfaat COBIT tercantum di bawah ini:
· ·         Membantu mencapai keunggulan operasional melalui penerapan teknologi dan kepercayaan yang efisien dan efektif.
·         Mengoptimalkan biaya layanan dan teknologi TI.
·         Ini membantu untuk mengelola dan memelihara risiko yang terkait dengan TI, menjaga mereka pada tingkat yang dapat diterima.
·         Membuat manfaat bisnis yang diinginkan melalui penggunaan TI dan  sasaran strategis bisnis yang efektif dan inovatif.
·         Menjaga informasi berkualitas tinggi untuk membantu mendukung keputusan bisnis.
·         Menawarkan dukungan penuh untuk perusahaan IT yang mematuhi kebijakan berorientasi bisnis, peraturan, hukum yang relevan, dan perjanjian 

COBIT & Alternative lainnya

Semua kerangka kerja tata kelola memiliki arahan tujuan yang sama yaitu untuk menerapkan teknik operasi terbaik yang mengarah pada kerugian finansial minimal dari kegagalan kepatuhan dan sedikit publisitas yang dapat membahayakan suatu organisasi. Teknik / praktik yang berbeda ini membuatnya sangat mudah bagi organisasi untuk menjalani audit regulasi dan mencapai hasil terbaik.

Klik untuk penjelasan lebih lanjut :






Refrensi :
  • https://www.bmc.com/guides/itil-cobit-introduction.html  (Waktu akses : 6 November 2018 20.20 WIB )