Review Jurnal : " PEMBUATAN MODEL TATA KELOLA IT UNTUK PROSES AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT 4.1 "

16.11 0 Comments A+ a-

Judul
PEMBUATAN MODEL TATA KELOLA IT UNTUK PROSES
AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT 4.1
(STUDI KASUS : UNIVERSITAS XYZ)
Jurnal
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
e-ISSN
2338-5197
Volume & Halaman
Volume 1 Nomor 1, Juni 2013
Tahun
2013
Penulis
Aulia, Nur ( Universitas Ahmad Dahlan)
Handayaningsih, Sri ( Universitas Ahmad Dahlan)

·         Judul :
PEMBUATAN MODEL TATA KELOLA IT UNTUK PROSES
AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT 4.1
(STUDI KASUS : UNIVERSITAS XYZ)


1.       Pengantar dan Tujuan
Perkembangan teknologi informasi saat ini berperan penting dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Teknologi informasi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi proses yang berlangsung. Bagi organisasi yang bergerak dalam dunia bisnis, keuntungan merupakan suatu titik yang ingin dicapai. Demikian halnya dengan perguruan tinggi atau universitas. Aktifitas utama dalam perguruan tinggi sesuai dengan fungsi utamanya sebagai penyelenggara pendidikan adalah layanan akademik. Dalam pelaksanaan layanan akademik ini perlu adanya penggunaan TI yang dapat mendukung kegiatan akademik tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada layanan akademik di Universitas XYZ.
 Menurut Penulis, SOP akademik saat ini belum menerapkan sistem secara baik. Akibatnya, sebagian tanggung jawab IT yang seharusnya dilaksanakan pada setiap unit dilimpahkan pada bidang IT, karena belum diatur di dalam SOP. Oleh karena itu Penulis melakukan suatu analisis penelitian untuk menghasilkan “Model Tata Kelola IT” untuk proses akademik di Universitas XYZ dengan menggunakan kerangka kerja COBIT.
Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) merupakan sebuah model standar tata kelola yang representatif dan menyeluruh, yang mencakup masalah perencanaan, implementasi, operasional dan pengawasan terhadap seluruh proses TI.

2.       Metode
Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta mampu mempermudah dalam pembuatan model tata kelola ini, Penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya :
1. Wawancara
2. Observasi
3. Studi Pustaka

Tahapan penelitian yang dilakukan Peneliti antara lain :
1. Analisis Kebutuhan
2. Pembuatan Model Tata kelola
a. Perancangan dan pelaksanaan kuisioner
b. Rekapitulasi hasil kuisioner
c. Analisis hasil survey
d. Perancangan solusi
e. Perancangan model tata kelola
3. Pengujian Model Tata kelola

3.       Hasil
Berikut ini adalah rangkuman hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap “Pembuatan Model Tata Kelola IT” untuk Proses Akademik menggunakan COBIT 4.1 :
1.       Peneliti telah berhasil membuat “Model Tata Kelola IT” untuk proses akademik yang diwujudkan dalam bentuk penyusunan usulan kebijakan universitas dan prosedurnya dalam proses solusi otomasi, perawatan perangkat lunak, pengoperasian aplikasi dan pengelolaan perubahan, yang diperlukan untuk petunjuk pelaksanaan proses akademik IT di lapangan.

2.       Penulis telah melakukan pengujian atau uji kelayakan terhadap Model Tata Kelola yang telah dikembangkan, pengujian model tata kelola ini dilakukan dengan kuesioner yang berisi pertanyaan menyangkut kesesuaian harapan manajemen universitas terhadap pembuatan model tata kelola IT proses akademik. Penulis menyatakan, “Hasil dari pengujian secara umum telah menyatakan kesesuaian, sehingga Model Tata Kelola ini layak untuk diterapkan.”

4.       Review
Kekuatan Penelitian
1.       Teori dan model analisis yang diguakan tepat
2.       Bahasa yang digunakan  oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami
Kelemahann Penelitian
1.       Penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal ini.
2.       penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.
5.       Link Jurnal
è ( File JURNAL)