Intelligent Agent

09.22 0 Comments A+ a-

Intelligent Agent (atau bisa juga hanya disebut “agent “) adalah program yang mengumpulkan informasi atau melakukan layanan lain tanpa kehadiran langsung user dan berjalan secara otomatis  pada waktu yang telah ditetapkan. 
Biasanya, program agen, menggunakan parameter yang User berikan, Bila relevansi atau kecocokan ditemukan, Intelligent Agent akan menyalin, mengekstrak atau mencantumkan data tersebut. Data yang dikumpulkan kemudian dipresentasikan dalam bentuk database atau berbasis laporan kepada user. Agent kadang disebut dengan  bot (singkatan dari robot).
 
Agen adalah segala sesuatu yang dapat melihat lingkungannya melalui sensor dan bertindak atas lingkungan itu melalui penerusnya (Effectors).
 
Strutur

Agent               = Architecture + Agent Program
Architecture      = mesin yang dijalankan oleh agen.
Agent Program = Implementasi dari funsi Agen.

·         Konsep

o   Simple Reflex Agents

Agen memilih tindakan secara spontan(Reflex) hanya berdasarkan persepsi saat ini. Agen bersifat rasional hanya jika keputusan yang benar dibuat hanya berdasarkan kondisi saat ini. Lingkungannya benar-benar dapat diamati.Condition-Action Rule - Merupakan peraturan yang memetakan keadaan (kondisi) suatu tindakan

o   Model Based Reflex Agents
Agen menggunakan model lingkungannya untuk memilih tindakannya. Agen mempertahankan keadaan internal.
Internal State - Ini adalah representasi dari aspek yang tidak teramati dari keadaan sekarang tergantung pada persepsi sebelumnya.

o   Goal Based Agents
Agen memilih tindakannya berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Pendekatan berbasis tujuan lebih fleksibel daripada berbasis spontanitas(Reflex) karena pengetahuan yang mendukung keputusan secara eksplisit dimodelkan, sehingga memungkinkan modifikasi.

o   Utility Based Agents
Agen memilih tindakan tindakan berdasarkan preferensi (utilitas) untuk setiap lingkungan yang berbeda.

·         Contoh

Google Assistant





·         Sumber

o   http://bgintegration.pnnl.gov/volttron.asp