Trend Teknologi Informasi Masa Depan (Kesehatan & Media)

10.05 0 Comments A+ a-

·         Perkembangan Komputer di Bidang Kesehatan

      Perkembangan dunia IT di ranah Medis/kedokteran sangatlah menakjubkan. Dari masa ke masa selalu muncul & berkembang teknologi yang semakin memudahkan kinerja medis.
      Diantaranya adalah mulai ditemukannya teknologi USG (ultrasonography) pada tahun 1940an. Dan teknologi Robotic surgery yang mulai berkembang dari tahun 1983.

·         Manfaat dan Peranan Komputer di Bidang Kesehatan
Diantaranya yaitu :
-          Rekam Medis berbasis komputer
-          Robotic surgery
Adalah sistem robot untuk membantu prosedur pembedahan.

-          Diagnosa penyakit
Komputer memudahkan dalam menganalisa organ-organ tubuh manusia tanpa operasi, antara lain yaitu :
CAT (Computerized Axial Tomography), DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), USG (ultrasonography).


·         E-Health
Definisi formal eHealth dapat ditemui sebagaimana diajukan oleh World Health Organization (WHO), yaitu 

“the use of information and communication technologies (ICT) for health to, for example, treat patients, pursue research, educate students, track diseases and monitor public health.” 
Sementara dalam KepMenKes Nomor 192/MENKES/SK/VI/2012 disebutkan bahwa eHealth adalah “ pemanfaatan TIK di sektor kesehatan terutama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.”

-          Diagram E-Health      
Diagram tersebut menggambarkan unsur-unsur pembangun (utama) dari sistem eHealth. Seiring waktu fungsi e-Health akan semakin kaya dengan demikian membuat sistem semakin bermanfaat bagi penyedia layanan kesehatan & pasien.

-          Manfaat
o   Peningkatan efisiensi atau penurunan biaya.
o   Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
o   Pembuktian diagnose melalui evaluasi ilmiah
o   Pemberdayaan pasien dan konsumen
o   Mendorong terjadinya hubungan yang lebih baik antara pasien dan tenaga kesehatan
o   Pendidikan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat
o   Perluasan ruang lingkup pelayanan kesehatan

-          Penerapan E-Health
Contoh penerapan e- health di Indonesia adalah http://ehealth.surabaya.go.id/ dan http://www.insanmedika.co.id/

·         Bioinformatika
Bioinformatika adalah (ilmu yang mempelajari) penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.

Topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.




Trend Sistem Teknologi Informasi dalam Media / New Media


·         Elemen
     Disebabkan begitu banyak definisi dari “ New Media ” yang tak terbatas dan tidak berstandar karena semakin hari akan semakin berkembang. Maka kita hanya bisa ambil satu garis simpulan yaitu New Media adalah :


“ Media yang mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital “

Dengan elemen/karakteristik yaitu :
Informasi yang mudah diupdate, terhubung melalui jaringan, mudah diakses dimanapun & kapanpun, bersifat interaktif ,dst.

·         Manfaat
- Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
·         Tantangan ‘ New Media ’
      -          penetrasi internet yang masih rendah di Indonesia, yaitu sekitar 12 persen.
-          tarif bandwidth internet di Indonesia yang masih terasa mahal
-          dan seterusnya.


·         Contoh Kasus -> SEO
      SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.


Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.  Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads).






Daftar Pustaka
-          Building foundations for eHealth : progress of member states : report of the Global
Observatory for eHealth; ISBN 978 92 4 159504 9; Diakses pada URL:
http://www.who.int/goe/publications/bf_FINAL.pdf
-          Parker, Jelf. 2013. eHealth Clinician’s User Guide : For Medical Practices (GPs and Private Specialists). Sydney: NEHTA
-          http://www.newmedia.org/what-is-new-media.html